Berbagi informasi tentang dunia kucing, tips kucing, jenis kucing,makanan kucing, penyakit kucing dan info kucing yang lainnya.

Breaking News
Loading...

Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dan Paling Praktis

Cara Memandikan Kucing - Pada umumnya mandi merupakan aktifitas membersihkan badan dari kuman dengan cara membasuh seluruh bagian tubuh dengan air. Hal ini juga berlaku pada kucing kesayangan anda, jika lama tak dimandikan maka potensi kuman menempel pada tubuh kucing juga semakin besar.

Cara Memandikan Kucing
Image by Google.com


Kucing biasanya membersihkan badan mereka dengan cara menjilati tubuh mereka sendiri. Namun dengan cara alami tersebut tidak membebaskan kucing anda dari berbagai macam kuman, kotoran kering yang bandel, maupun kutu yang hinggap pada tubuh kucing tersebut.

Untuk itu perlu adanya tindakan dari kita, yaitu dengan cara memandikan kucing tersebut agar tetap bersih dan sehat tentunya.


Cara Memandikan Kucing Yang Benar


Dalam hal cara memandikan kucing ini akan saya bagi menjadi dua macam cara. Yaitu memandikan kucing yang takut air dan kucing yang tidak takut air. Pada umunya kucing yang takut dengan air merupakan kucing kampung atau kucing liar. Sedangkan untuk kucing rumahan seperti kucing anggora, kucing persia, kucing siam yang biasanya kita beli dengan harga mahal itu kebanyak kucingnya tidak takut dengan air.

Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara memandikan kucing, perlu anda ingat bahwa cara ini hanya untuk kucing yang sudah berumur 1 bulan lebih atau kucing yang sudah dewasa. Jadi jangan memandingan kucing yang baru saja lahir, karena itu beresiko pada kesehatan atau pertumbuhan kucing tersebut.


Cara memandikan kucing yang tidak takut air ( Kucing persia, kucing anggora, ataupun kucing siam )


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada beberapa jenis kucing yang tidak takut dengan air. Jadi jika kucing anda merupakan jenis tersebut, akan lebih mudah untuk memandikannya.

Persiapan sebelum memandikan :

  • Bak atau ember yang berisi air hangat
  • Sampo untuk kucing
  • Handuk kering yang lembut ( bisa juga menggunakan kanebo maupun kain kering lainnya )
  • Hair dryer / pengering rambut
  • Sisir
  • Penutup telinga, anda bisa menggunakan tisu
  • Cottonbuds
  • Baby oil
  • Dan bedak khusus kucing ( jika tidak ada, anda bisa menggunakan bedak bayi )


Setelah semua persiapan beres, kita lanjut ke tahap berikutnya :

1. Tutup telinga kucing

Sebelum proses memandikan kucing, terlebih dahulu anda harus menutup telinga si kucing dengan menggunakan tisu. Hal ini untuk menghindari air yang masuk pada telinga kucing tersebut.


2. Basahi semua tubuh kucing dengan air hangat

Kita basuh dulu tubuh kucing tersebut dengan air hangat, basahi secara merata sampai anggota tubuh kucing benar-benar basah semua. Perlu anda perhatikan, pada saat membasahi jangan sampai airnya masuk kedalam lubang telinga kucing. Karena bisa berakibat kucing tersebut mengalami gangguan pendengaran yang serius. Jadi basuh lah secara hati-hati.


3. Gunakan sampo kucing

Setelah semua anggota badan kucing basah semua, kita mulai dengan proses penyampoan. Gunakan sampo kucing secukupnya, kemudian anda usapkan pada seluruh bagian tubuh kucing anda sambil memijatnya pelan-pelan agar kucing merasakan relaksasi. Ingat jangan sampai mengenai anggota tubuh yang sensitif seperti mulut, hidung, telinga, dan yang utama mata. Kucing juga bisa merasakan perih matanya jika terkena sampo, untuk itu harus hati-hati.


4. Membilas tubuh kucing

Jika anda merasa tubuh kucing sudah benar-benar bersih, sekarang waktunya membilas tubuh kucing anda dengan menggunakan air hangat. Bilas sampai bersih, dan jangan sampai ada busa sampo yang tersisa pada tubuh kucing anda.


5. Proses pengeringan

Oke setelah proses membilas tadi selesai, angkat kucing anda dari bak mandi. Siapkan handuk halus yang bersih, kemudian mulailah menggosok seluruh bagian tubuh kucing yang basah secara merata. Gosok dengan halus, sampai sela-sela bagian tubuh kucing benar-benar kering.

Atau anda juga bisa memakai hair dyer untuk mengeringkan tubuh kucing yang basah tadi, namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua kucing suka dengan cara ini. Karena kebanyakan kucing pasti kaget dengan suara hair dyer tersebut.


6. Bersihkan telinga kucing

Proses pengeringan sudah selesai, kita lanjut ketahap berikutnya yaitu dengan membersihkan kotoran yang ada di telinga si kucing. Gunakan cottonbuds kemudian anda basahi menggunakan baby oil yang sudah anda siapkan tadi.

Bersihkan secara perlahan, karena pada bagian telinga ini biasanya kucing sangat sensitif sekali. Jadi jika tidak anda lakukan secara hati-hati maka kucing tersebut merasa tidak nyaman dan marah.


7. Taburi dengan bedak

Proses terakhir yaitu dengan memberi bedak pada seluruh bagian tubuh kucing. Selain agar tubuh kucing kita berbau harum, bedak ini juga berfungsi agar kutu-kutu enggan hinggap pada tubuh kucing tersebut.


Nah sobat peduli-kucing, diatas merupakan cara memandikan kucing yang tidak takut dengan air. Untuk cara memandikan kucing yang takut dengan air sebenarnya sama dengan cara diatas, hanya saja ada satu hal yang harus anda lakukan sebelum memandikan kucing yang takut dengan air. Yaitu dengan memotong kuku kucing tersebut terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari, agar anda tidak terkena cakaran kucing yang bisa mengakibatkan infeksi yang serius.

Memandikan kucing sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja butuh kesabaran dan ketelatenan. Dengan cara memandikan kucing diatas , semoga kucing peliharaan anda terbebas dari kuman ataupun penyakit. Tentunya harus rutin paling tidak 1 minggu sekali, tergantung dari aktifitas kucing kesayangan anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dan Paling Praktis

0 comments:

Post a Comment